WELCOME


widgets

Halaman

Kamis, 21 November 2013

Ip Man Sang Legenda Wing Chun


Sejarah Singkat Kehidupan Ip Man (Yip Man)
Sang Legenda Ip Man
Buat anda para pecinta film action, nama Ip Man (Yip Man) pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda. Anda pastinya kenal Bruce Lee bukan ? Ya, Ip Man ini adalah gurunya, seorang legenda kungfu yang sangat luar biasa dan menjadi terkenal dengan teknik Wing Chun nya. Buat anda yang penasaran dengan Sejarah Singkat Kehidupan Ip Man, mari simak informasi lengkapnya berikut ini.Ip Man lahir di Foshan tahun 1893 dari keluarga pedagang yang kaya, di umurnya yang ke-13 Yip belajar Wing Chun dari Chan Wah-Shun dan di teruskan oleh Ng Chung-sok sesuai pesan Chan sebelum meninggal.

Ip Man (Yip Man) adalah seorang legendaries kungfu yang beraliran Wing Chun. Dia telah mempelajari Wing Chun sejak umur 13 tahun. Menurut Wikipedia, Yip Man adalah Master Kungfu (Sifu) pertama yang mengajari Wing Chun secara terbuka untuk umum.

Ip Man mulai mempelajari Wing Chun atau salah satu cabang ilmu bela diri kung fu sejak ia berusia tiga belas tahun. Kecintaannya pada ilmu bela diri ini membuatnya rela berkorban banyak demi mengembangkan ilmu bela diri ini. Setelah lama mempelajari Wing Chun, Ip Man memutuskan untuk membuka perguruan sendiri.


Banyak orang yang sempat berguru pada master Wing Chun yang satu ini dan beberapa di antara muridnya kemudian menjadi terkenal meski nama Ip Man sendiri jarang dikenal orang. Salah satu murid Ip Man yang banyak dikenal adalah Bruce Lee yang sempat berguru pada Ip Man selama lima tahun.
Bruce Lee yang berguru pada Ip Man
Umur 16, Yip meneruskan studinya di St. Stephen's College, Hongkong, dimana sekolah tersebut diperuntukan orang-orang kaya dan orang asing di Hongkong.Di sekolah ini Yip mulai dikenal sejak mengalahkan murid senior dengan beberapa gerakan kecil saja. Di umurnya ke-24 Yip kembali ke Foshan, dengan ilmu Wing Chunnya yang maju pesat, Yip tidak mendirikan sekolah ataupun perguruan disana, hanya mengajarkan kepada beberapa murid dan relasinya saja. Di masa kependudukan Jepang di China, Yip selalu menolak semua ajakan pemerintah Jepang agar Yip mau mengajari pasukan jepang bela diri.

Yip lalu kembali ke Hongkong dan mendirikan sebuah perguruan bela diri, Hampir semua bekas murid Yip menjadi orang terkenal, berhasil mendirikan perguruannya sendiri, menjadi pengatur bela diri dalam sebuah film atau bahkan bintang laganya sendiri, dan yang paling terkenal dari murid-murid Yip adalah Lee Xiao Long atau Bruce Lee.

2 Desember 1972, Yip meninggal di karenakan kanker, tetapi hasil ilmu bela diri yang di ajarkannya, Wing Chung telah menyebar ke segala penjuru dunia.

sumber    :
http://www.kumpulansejarah.com/2012/11/sejarah-singkat-kehidupan-ip-man-yip-man.html

1 komentar:

  1. Did you know there are a number of opinions and the views of most people about orang bunian. Although some communities
    Bandar togel hongkong

    BalasHapus